Wednesday, July 4, 2018

Cara Jitu Atasi Sound Tidak Terdeteksi di Windows 7

Jika kamu bertanya-tanya seperti ini:

"Kenapa kok speaker di PC saya tidak mengeluarkan suara ya?"
lalu
"Kenapa kok icon sound di komputer saya ada tanda silangnya? kenapa kok trouble ketika saya klik?"
lalu
"Muncul tulisan, "The speaker, headset or headphone is unplugged" padahal jelas-jelas speaker saya terhubung ke komputer?"
dan akhirnya
"Loh kok kamu bisa tau apa yang saya alami?"
hahaha

Cara Jitu Atasi Sound Tidak Terdeteksi di Windows 7

Baiklah, jika itu yang kamu alami, maka kamu mengalami apa yang pernah saya alami yakni masalah driver dari Realtek HD Audio Manager. Memang hal ini sangat menjengkelkan, menggunakan komputer tanpa suara ibarat menonton film di bioskop tanpa suara. Sangat aneh dan mengganggu pastinya. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cek juga: laptop terbaik harga terjangkau yang mungkin cocok kamu beli.

Langkah-langkah mengatasi sound tidak terdeteksi di Windows 7:

(Silahkan lompati bila kamu sudah pernah melakukan/mencobanya)

1. Cek Ulang Jack Audiomu

Pastikan soundcard dan jack audio mu sudah terpasang dengan benar dan baik, tidak longgar. Cobalah untuk lepaskan dan pasang ulang jack audiomu. Sebelum memasangnya ulang, coba untuk bersihkan jack audiomu dari debu-debu yang mungkin menempel di sana. Jika sudah memastikannya dengan yakin, silahkan baca cara berikutnya:

2. Uninstal Driver dan Update Driver Sound

Cara selanjutnya adalah dengan menginstal ulang driver sound melalui kontrol panel, diharapkan dengan menggunakan cara ini driver-driver yang tidak kompatibel dengan windows dapat terupdate dan kompatibel. Pastikan komputer atau laptopmu memiliki koneksi internet. Setelah update, cobalah untuk merestart komputermu.

3. Setting di Realtek HD Audio Manager

Jika kedua cara diatas masih belum bisa mengatasi, gunakanlah cara yang ketiga ini. Bagaimana? yang pertama bukalah control panel, lalu carilah Realtek HD Audio Manager di sama. Kamu bisa menggunakan fitur search control panel atau mengubah setting view by: small icon.

Setelah itu, klik Realtek HD Audio Manager.

Setelah terbuka, lihat di sebelah pojok kanan, klik lah sebuah icon bergambar folder.

Setelah itu akan muncul pop up connector settings, lalu tick atau centang bagian Disable front panel jack detection.

Jika hal itu sudah kamu laksanakan, seharusnya speaker di komputer kamu sudah berhasil mengeluarkan suara.

Namun jika kamu bertanya:
"Kenapa Realtek HD Audio Manager tidak ada di control panel saya?"

Maka solusinya, unduhlah software realtek audio driver versi lama. Mengapa versi lama? karena di realtek audio driver versi baru kamu tidak akan menemukan Realtek HD Audio Manager. Hal inilah yang menyebabkan kamu tidak bisa memperbaiki masalah tidak muncul suara di Windows 7 kamu.

Setelah mengunduh software Realtek audio driver versi lama, silahkan coba untuk mengikuti cara di langkah ketiga. Saya yakin masalah audio tidak terdeteksi di Windows 7 akan teratasi dengan baik.

Penutup

Itulah cara saya mengatasi permasalahan "The speaker, headset or headphone is unplugged" yang saya alami beberapa waktu lalu. Semoga tips dan cara ini dapat membantu kamu mengatasinya. Jika kamu memiliki masih kebingungan, jangan ragu untuk menanyakannya kepada saya atau kepada teman-temanmu, jangan pernah malu. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat untukmu, silahkan share artikel ini ke teman-temanmu agar mereka juga terbantu dan bisa mengatasi permasalahan ini.

Related Posts

Cara Jitu Atasi Sound Tidak Terdeteksi di Windows 7
4/ 5
Oleh